Jumat, 09 November 2012

Peredaran Darah

1. Darah manusia terdiri dari :
    ~sel darah manusia berfungsi untuk mengangkut oksigen.
    ~sel darah putih fungsinya untuk menjaga tubuh dari bibit penyakit.
    ~keping darah berfungsi pada proses pembekuan darah. saat terjadi luka, darah keluar melalui luka tersebut. keping darah menyentuh permukaan luka, lalu pecah dan mengeluarkan trombokinase. masihbingatkah abda tentang plasma darah yang mengandung zat untuk proses pembekuan darah, yaitu protombim dan fibrinogen. trombokinase disebut dengan ion kalsium akan mengubah protombim menjadi trombim. trombin diperlukan untuk mengubah fibrinogen menjadi benang-benang fibrin. luka akan ditutup oleh benang fibrin yang berupa benang-benang halus, sehingga darah berhenti keluar.
    ~plasma darah, sekitar 91%plasma darah terdiri atas air. selebihnya adalah zat terlarut yang terdiri dari protein plasma(albumin, protombin, fibrinogen, dan antibody), garam mineral dan zat-zat yang diangkut darah (zat makanan, sisa metabolisme, gas-gas dan hormon). fibrinogen yang ada di dalam plasma darah merupakan bahan penting untuk pembekuan darah jika terjadi luka.
2. Peredaran Darah
Peredaran darah manusia merupakan peredaran darah tertutup dan ganda atau rangkap. peredaran darah tertutup artinya dalam peredarannya darah selalu mengalir di dalam pembuluh darah. peredaran darah ganda artinya dalam satu kali beredar, darah melalui jantung sebanyak dua kali sehingga terdapat peredaran darah besar dan peredarab darah kecil. peredaran darah kecil yaitu perederan darah dimulai dari jantung menuju ke paru-paru, kemudian kembali ke jantung.
3. Jantung
jantung manusia terbagi atas empat ruangan, yaitu serambi kanan dan serambi kiriserta bilik kiri dan bilik kanan. Bagian bilik(vebtrikel) jantung berdinding lebih tebal dibandingkan serambi(atrium) jantung. Hal ini berhubungan dengan fungsinya untul memompakan darah ke seluruh tubuh sehingga harus lebih kuat. Adapun dinding bilik kanan lebih tipis, karena fungsinya hanya memompakan darah ke paru-paru.

Contoh soal :
Apakah fungsi darah?
Pembahasan :
1. Darah merupakan alat transfortasi utama bagi tubuh kita. Hal ini karena adanya jantung. pembuluh darah dan darah itu sendiri.
2. Darah melarutkan bermacam-macam zat karbondioksida, dan bahan-bahan lain.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Selamat Datang

Selamat datang di Power Science, saya harap anda senang dan bisa mendapatkan apa yang anda cari di blog ini. dan berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya iniSelengkapnya tentang Saya

Sepintas Tentang Saling Sharing

Nama saya Erlangga Yudian Pratama saya seorang yang senang berbagi. tadinya saya adalah pemilik blog Ilmu tetapi tidak tahu apa yang terjadi saya kehilangan account blog tersebut dikarenakan kejahilan seseorang. :D

Social Stuff

Info