Sabtu, 10 November 2012

Respon Tumbuhan

Tumbuhan juga melakukan gerak meski gerak pada tumbuhan tidak menghasilkab perpindahan tempat. Gerak tumbuhan hanya dilakukan oleh bagian tertentu, seperti bagian ujung, atas, ujung akar, dan daun. Tumbuhan tingkat tinggi dapat merespon rangsangan tertentu dari lingkungannya dengan melakukan gerak. Gerak tumbuhan umumnya sangat lambat sehingga perlu ketelitian tinggi untuk dapat mengamatinya. Gerak pada tumbuhan terbagi menjadi tiga yaitu gerak endonom, esionom dan higroskopis.
1. Gerak Endonom : gerak yang tidak diketahui penyebab luarnya. Gerak ini dikenal pula sebagai gerak spontan karena tumbuhan melakukan gerakan secara spontan tanpa perlu adanya rangsangan dari luar. Contoh : gerak endonom ini adalah gerak pertumbuhan daun dan gerak rotasi sitoplasma (siklosis) pada sel-sel daun Hydrilla verticilata yang dapat dideteksi dari gerak sirklus klorofil di dalam sel.
2. Organ  Pada Tumbuhan
Gerak Esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari lingkungan sekitar. Berdasarkan jenis rangsangannya, gerak esionom dapat dibedakan menjadi 3, yaitu tropisme, taksis, dan nasti.
a. Gerak Tropisme : gerak sebagian organ tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan dari luar dan gerakannya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Tropisme berasal dari kata Yunani yaitu trope yang artinya belokan. Tropisme biasanya diberikan berdasarkan jenis rangsangannya. Gerak Tropisme yang mendekati arah rangsang disebut tropisme positif sedangkan rangsang yang arahnya menjauhi rangsang disebut tropisme negatif.
Tropisme terdiri dari :
1. Geotropisme/gravitropisme, adalah gerak tropisme yang dipengaruhi oleh rangsangan gaya gravitasi bumi.
2. Hidrotropisme, adalah gerak tropisme yang dipengaruhi oleh rangsangan kelembapan atau air.
3. Tigmotropisme, adalah gerak tropisme yang dipengaruhi oleh rangsangan sentuhan atau kontak fisik dengan benda padat.
4. Fototropisme/heliotropisme, adalah gerak tropisme yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya.
5. Kemotropisme, adalah gerakan yang dipengaruhi oleh rangsangan bahan kimiawi.
Contoh soal :
Apakah tumbuhan dapat bergerak?
Pembahasan :
Seperti halnya mahluk hidup yang lain, tumbuhan juga bergerak walaupun gerak tumbuhan tidak sebebas gerakan binatang. Secara umum ada tiga macam gerakan pada tumbuhan, yaitu taksis, tropisme, dan nasti.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Selamat Datang

Selamat datang di Power Science, saya harap anda senang dan bisa mendapatkan apa yang anda cari di blog ini. dan berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya iniSelengkapnya tentang Saya

Sepintas Tentang Saling Sharing

Nama saya Erlangga Yudian Pratama saya seorang yang senang berbagi. tadinya saya adalah pemilik blog Ilmu tetapi tidak tahu apa yang terjadi saya kehilangan account blog tersebut dikarenakan kejahilan seseorang. :D

Social Stuff

Info